Wednesday, September 30, 2015

Kuliner di Palembang

Jika anda ingin berburu tempat wisata di Palembang, sangat disayangkan sekali jika anda tidak berburu kuliner di Palembang juga. Karena sudah menjadi rahasia umum, bahwa Palembang tidak hanya terkenal dengan sungai musi dan jembatan amperanya saja, tetapi juga kaya akan masakan tradisional yang memanjakan lidah. Ini adalah beberapa daftar kuliner khas Palembang yang wajib anda cicipi.
Pertama, pempek. Rasanya ada yang kurang jika anda liburan ke Palembang, tetapi anda belum makan makanan khas Palembang yang sudah terkenal di Nusantara ini. Karena tak hanya orang asli Palembang yang ketagihan dengan makanan satu ini, tetapi touris-tourispun sudah banyak yang memuji kuliner asli  Palembang satu ini. Sekarang pempek telah hadir dengan berbagai fariasi rasa. Mulai dari pempek lenjer, pempek telor, pempek pistel, pempek adaan, pempek kulit, pempek kerupuk, dan masih banyak lagi. Biasanya pempek dinikmati dengan cuka.

Pempek - kuliner di Palembang
Pempek - Kuliner di Palembang

Kedua, Model. Model yang di maksud di sini bukan seseorang yang sedang berlenggak lenggok  atas panggung, tetapi ini adalah makanan khas Palembang yang sama seperti pempek berbahan dasar ikan. Tetapi model memiliki tekstur yang lebih lembut dengan isi tahu di dalamnya. Dan sekarang telah hadir fariasi baru, yaitu isi telur rebus. Biasanya model dinikmati dengan kuah kaldu khas yang mantap sekali.

Pempek - Kuliner di Palembang
Model - Kuliner di Palembang

Ketiga, tekwan. Tekwan bisa dikatakan adiknya model. Mengapa? Karena tekwan hampir mirip dengan model. Sebab dinikmati dengan kuah kaldu khas yang sama seperti model. Yang berbeda hanya dari bentuk dan teksturnya saja. Tekwan memiliki bentuk yang kecil-kecil tanpa isi dengan tekstur yang kejal.

Tekwan - Kuliner di Palembang
Tekwan - Kuliner di Palembang

Keempat, mie celor. Dari bahasa Palembang, celor itu berarti diseduh. Selain mie, di dalam makanan satu ini terdapat juga tauge, irisan telur rebus, dan dinikmati dengan kuah santan kaldu udang dengan irisan daun kucai dan bawang goreng di atasnya. Biasanya mie celor ini menjadi sarapan untuk masyarakat Palembang.

Mie Celor - Kuliner di Palembang
Mie Celor - Kuliner di Palembang

Kelima, kuliner di Palembang tak hanya kaya akan makanan, Palembangpun memiliki minuman khas yang membangkitkan selera, yaitu es kacang merah. Biasanya es kacang merah ini di jual dipinggir-pinggir jalan. Kacang merah yang telah direbus disajikan dengan santan khas dan gula merah yang nikmat, tak ketinggalan es yang menambah kenikmatan saat meminumnya dingin-dingin.

Es Kacang Merah - Kuliner di Palembang


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung Blog Pariwisata Palembang ini melalui komentar