Tuesday, November 10, 2015

Al-qur'an Raksasa

Siapa sangka Al-qur’an terbesar di dunia ada di Palembang. Para ulama dan seniman kaligrafi di Palembang telah berhasil mencetak sejarah baru dalam beradaban islam. Dalam kurun waktu hanya delapan tahun, mereka sudah berhasil memahat al-qur’an raksasa ini sebanyak 30 juz dalam 315 lembar kayu tembesu atau kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu, dengan biaya tidak kurang dari 2 miliar. Proses pemahatan Al-qur’an raksasa dimulai sejak tahun 2003 sampai 2008. Dimana lebar setiap lembar halamannya memiliki ukuran 177 x 140 x 2,5 cm.
            Awalnya Al-qur’an raksasa ini dipajang di masjid agung Palembang, untuk mendapat koreksi dari masyarakat setempat. Pada akhir 2011 Al-qur’an raksasa ini baru layak untuk dipublikasikan. Dan 30 Januari 2012 diresmikan langsung oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


            Sekarang Al-qur’an raksasa ini diletakkan di pondok pesantren Al-Ihsaniyah Gandus Palembang. Al-qur’an yang terdiri dari 630 halaman yang dilengkapi dengan tajwid dan doa khataman bagi pemula ini, tak hanya menarik simpati masyarakat setempat, tetapi touris-touris dalam negeri maupun luar negeripun ikut penasaran dan ingin melihat secara langsung keindahan Al-qur’an raksasa. Yang setiap ayatnya memiliki ciri khas warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah dipandang dan enak dibaca. Maka jika anda berkunjung ke Palembang, sangat disayangkan sekali jika anda melewatkan perjalanan untuk melihat Al-qur’an raksasa ini.
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung Blog Pariwisata Palembang ini melalui komentar