Thursday, January 17, 2013

Pulau Kemaro


Objek Pariwisata Palembang Indonesia yang satu ini merupakan objek pariwisata religi. Pulau kemaro namanya. Pulau kemaro merupakan daratan yang berada di tengah - tengah sungai musi dan jauhnya sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. di atas daratan tersebut berdiri bangunan - bangunan atau tempat - tempat bersejarah dan juga keramat bagi masyarakat tiong hoa diantaranya adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah Pulau kemarau dan vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio). Di Pulau kemaro ini juga terdapat kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.

Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau kemaro - Pariwisata Palembang Indonesia
Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau kemaro - Pariwisata Palembang Indonesia
Pulau kemaro merupakan tempat dimana putri Palembang di makamkan. Menurut salah satu legenda masyarakat palembang, pada zaman dahulu, ada seorang putri Palembang yang dikirim untuk menikah dengan seorang anak dari raja Cina. saat itu Sang putri meminta 9 guci emas sebagai mas kawinnya. Untuk menghindari perampokan dari bajak laut yang dulu sering beroprasi di sepanjang sungai musi maka guci-guci emas tersebut di kamoflase dengan cara diatas guci tersebut ditutup dengan sayu-sayuranran. akan tetapi ketika sang anak raja melihatnya, guci tersebut hanya berisi sayuran dan tak ada emas di dalamnya maka guci-guci tersebut dibuangnya ke sungai musi. Rasa kecewa dan menyesal membuat sang anak raja memutuskan untuk menerjunkan diri ke sungai musi. Sang putri pun ikut menerjunkan diri dan mereka berdua tenggelam. Keduanya dikuburkan di Pulau Kemaro tersebut dan untuk mengenangnya dibangunlah Kuil.

Daya tarik lain Pulau kemaro adalah terdapatnya pohon yang unik, konon katanya jika terdapat pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut sampai jenjang Pernikahan, sebab itulah pohon itu diberinama pohon cinta.



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung Blog Pariwisata Palembang ini melalui komentar